I AM ONE IN DIVERSITY

Most of times we might feel fragmented.  We feel that we are separated to others. This feeling obviously comes from our ego. We have been taught to compete others in another word we feel hostile towards others. 

This feeling of separation has also led us to an understanding that some are good and others are bad. In fact good and bad are combined together to complement each other. They work like your right hand and your left hand. Your left brain and your right brain etc. You can't say your left hand is bad or on they way around, can you?

Our physical body, our energy body, our mind body, our knowledge body and our soul are oneness. They are integrated. True happiness can be attained by understanding their integration. Those who are only focus in one of them most of the time are unhappy. Spiritual and material are one. 

Some ways to feel oneness i.e. praying for universe and all its contents. We even can't afford to live if the sun does't shine, if the water doesn't exist, if the plants don't provide oxygen etc. Another way is to give your most sincere love in anything or anyone you see as though they all are yourself. Feel the beauty of all differences. 

*** *** ***

Seringkali kita merasa terpisah. Kita merasa bahwa kita terpisah dengan orang lain. Perasaan ini jelas berasal dari ego kita. Kita telah diajarkan untuk bersaing dengan orang lain atau dengan kata lain kita merasa bermusuhan dengan orang lain.

Perasaan terpisah ini juga mengantarkan kita kepada pemahaman bahwa yang ini baik dan yang itu buruk. Sebenarnya yang baik dan yang buruklah yang bergabung untuk saling melengkapi. Mereka bekerja seperti tangan kanan dan tangan kiri kita. Otak kiri dan otak kanan kita dll. Kita tidak bisa mengatakan tangan kiri kita jelek atau sebaliknya bukan?

Sama halnya dengan badan fisik kita, badan energi kita, badan pikiran kita, badan pengetahuan kita, dan jiwa kita adalah satu. Mereka terintegrasi. Kebahagiaan sejati dapat diperoleh dengan memahami integrasi mereka. Mereka yang hanya fokus pada salah satu dari mereka sebagian besar tidak akan menemukan kebahagiaan sesungguhnya. Spiritual dan material adalah satu. Selama satu hal dengan yang lain masih kita pertentangkan disana tidak ada kebahagiaan sejati.

Beberapa cara untuk merasakan bahwa kita satu yaitu berdoa untuk semesta dan semua isinya. Kita bahkan tidak mampu hidup jika matahari tidak bersinar, jika air tidak ada, jika tanaman tidak menyediakan oksigen dll. Cara lain adalah memberikan kasih kita yang paling tulus pada apapun atau siapapun yang kita lihat seakan mereka semua adalah diri kita sendiri. Rasakan keindahan dari semua perbedaan.



Share This Post: